Senin, 24 Desember 2012
Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook
6. Bila ingin melihat hasil tampilan web klik desktop, dan pilih web browser. isi address link url dengan ip
Membuat Web Server Dan Mail Server
1. Buka aplikasi Cisco Packet Tracer, lalu buatlah gambaran seperti berikut ini. Disini kita menggunakan 1
server, 1 switch dan 2 client PC.
2. Server akan dibuat web server dan email server.
Cara Membuat
- Klik server
- Klik Config, Global-Setting
- Isi gateway dengan contoh : 192.168.10.254
- Lalu isi DNS Server, contoh : 192.168.10.3 seperti gambar berikut.
3. Selanjutnya kita klik FastEthernet
- Masukan IP Address. Bebas mengisi IP address, namun IP-nya tidak boleh sama dengan gateway.
Misalnya : 192.168.10.3
- Klik pada kolom subnet mask, maka otomatis akan terisi. Seperti pada gambar.
4. Klik DHCP, servicenya di setiing
server disini saya memakai 192.168.10.3 contohnya bisa di lihat di gambar
7. Selanjutnya kita akan menyeting email.
- Klik Config
- Klik email
- Ketik nama domain, misalkan: intel.org
- karena tugas saya harus menggunakan nama depan.org jadi saya memakai = oky.org
- Klik set
- Masukan user & password, misalkan: user = abi, password = 123
- Klik tanda “+”
- Perlu diingat disini kita membuat 2 client, maka harus membuat 2user email juga
- user pertama saya kelas@namadepan.org = 12.5B.01@oky.org password supaya mudah = 123
- user kedua saya nama belakang@namadepan.org = satrio@oky.org password sama = 123
- Close
8. Setelah itu klik "PC Pertama"
- Klik tab global
- Klik setsing
- kolom gatewayt
karena saya menggunakan ip dinamis / otomatis jadi hanya tinggal klik yang DHCP saja otomatis ip
adress muncul.
kalau manual bisa pilih yang static
jika sudah selesai
klik cancel dan klik pc 2 setting dengan langkah yang sama seperti pc 1
berikut contoh gambar
9 . Setelah itu, klik “PC”
- Klik tab dekstop
- Klik Email
- Klik Configure Mail
- Pada kolom “your name” masukan nama user yang sudah anda buat tadi. Seperti “12.5B.01”
- Pada kolom “Email address” masukan alamat email (12.5B.01@oky.org)
Keterangan : “oky.org” merupakan domain yang dibuat di Email setting web server
- Pada kolom “Incoming mail server “ masukan IP (192.168.10.3)
Keterangan : “192.168.1.3” merupakan IP Address yang berada di server
- Pada kolom “outgoing mail server” masukan juga IP (192.168.10.3)
- Masukan user name dan password (username: 12.5B.01 dan password: 123)
Keterangan : Username dan password harus sama dengan yang di buat di EMAIL server
- Klik Save
- Setting email di PC 1 telah selesai, lakukan settingan yang sama pada PC 2 ,sesuai username dan
passwordnya.
10. Jika sudah selesai membuat konfigurasi kedua pc kita test apakah berhasil ? jika berhasil email
akan terkirim ke komputer yang lain. langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :
- Klik PC1
- Klik Desktop
- Klik email
- klik compose
- lalu isikan kolom To: ( alamat yang akan kita tuju untuk mengirim pesan ) contoh : satrio@oky.org
- Subject ( menjelaskan tenteng jenis dari isi surat ) terserah anda mau isi apa.
- kolam putih yang besar adalah isi pesan yang ingin anda sampaikan.
- Jika sudah selesai klik send
11. Jika sudah selesai mengirim pesan kita test apakah berhasil ? jika berhasil email
akan diterima oleh komputer yang lain. langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :
- Klik PC2
- Klik Desktop
- Klik email
- klik receive
- lihat di kolom bawah apakah ada email masuk
jika tampil seperti diatas berarti anda berhasil membuat web server dan mail server....
yeeaaahhh.........
sekian dahulu tutorial dari saya semoga bermanfaat untuk semua ^_^
0 komentar:
Posting Komentar